Cari di Sini

Senin, 24 Desember 2012

Pohon Talok pun Berbagi untuk Burung-burung

Mudah menemukan pohon Talok atau Kersen atau Cerry, bahkan semainya (anakan) seringkali kita temukan pada talang air di atap rumah atau menempel pada retakan dinding rumah. Tantangannya adalah menemu-kenali ragam jenis burung yang mencecap nektar, menelan buah, atau sekedar berlindung di kerimbunan daunnya. Dari sekadar browsing foto di laman kumpulan foto biodiversitas Indonesia terbesar saat ini, juga pada group facebook komunitas Banten Wildlife Photographer, ditambah sedikit melirik laman komunitas pengamat burung di negara tetangga setidaknya tercatat enam keluarga jenis burung yang menikmati buah mungil berwarna merah diantara daun-daun hijau yang berbulu ini: 1) keluarga PYCNONOTIDAE (diantaranya Kutilang dan Trocokan), 2) keluarga COLUMBIDAE (diantaranya Punai gading), 3) Keluarga ZOSTEROPIDAE (diantaranya Kacamata biasa dan Kacamata limau), 4) Keluarga NECTARINIIDAE (diantaranya Burung-madu sriganti dan Burung-madu kelapa), 5) Keluarga DICAEIDAE (diantaranya Cabai jawa dan Cabai bunga-api), dan bahkan 6) Keluarga CUCULIDAE (diantaranya Tuwur asia). Beberapa jenis, bahkan mungkin semua jenis yang menikmati buah talok ini sepertinya juga penikmat buah salam.
Tak hanya ragam jenis,  Sukma Ali (seorang fotographer dari komunitas Banten Wildlife Photographer ) bahkan benar-benar dapat menikmati drama kehidupan pada pohon talok yang ada di halaman rumahnya. Deretan fotonya juga memancing kawan-kawan fotographer lain untuk turut mendokumentasikan burung-burung yang menghuni pohon talok disekitar rumahnya. Bersyukur kawan-kawan ini memberikan ijin pada kita untuk turut menikmati sebuah drama kehidupan di pohon talok pada halaman rumah mereka. jadi mari kita ikut menikmati… semoga cukup jadi alasan buat kita ikut menanam pohon talok di halaman rumah kita. Atau jika masih tertarik dengan jenis-jenis pohon yang lain, silahkan lanjut mencari disini.

Induk Cabai jawa memanen buah talok

Hasil panen diberikan ke salah satu anaknya

Si babe juga ikutan panen di kebon tetangga @Robertus Prihandoko

Si babe juga menyuapi anaknya

Hingga sang anak terkasih dapat memanen buah talok sendiri

...dan melanjutkan pengembaraannya ke kebon tetangga @Dedy Istanto

Berkenalan dengan kawan baiknya si Burung-madu kelapa...@Dedy Istanto

Juga teman berbagi kenikmatan di pohon talok; si Punai gading

dan Trocokan... @Wisnu Prabowo

...bahkan ia juga mengikuti perkembangan jaman untuk berbagi cerita tentang kenikmatan buah talok dengan kawan-kawannya si burung kacamata limau di Nusa Tenggara

Saat malam tiba...ia istirahat dan membagi buah taloknya dengan mamalia yang juga bisa terbang...

Semoga kita-pun berkenan untuk terus berbagi …

PRODUK BURUNGGACOR.COM

ARTIKEL TERBARU


Posting Komentar