Cari di Sini

Rabu, 13 Maret 2013

Hari yang Tepat untuk Menggelar Latber


Saya ingin menyampaikan beberapa teknis penyelenggaraan latber burung, namun hanya poin-poin penting saja, khususnya terkait dengan waktu penyelenggaraan.

Hari Penyelenggaraan Latber

Latber burung bisa digelar hari apa saja, boleh seminggu sekali, atau dua kali dalam seminggu. Sebagian EO sengaja menghindari latber di hari Minggu, karena takut bentrok dengan jadwal lomba burung yang juga tak sedikit. Dengan cerdik, mereka memindahkannya ke hari Sabtu, sebagaimana dilakukan IKPBS Solo, KMYK Jogja, dan sebagainya. Toh Sabtu, bagi sebagian pegawai, juga hari libur.
Ada juga yang menggelar di luar Sabtu-Minggu, untuk meningkatkan kemungkinan peserta datang. Misalnya Taman Kuliner Kicau Mania (TKKM) Jogja, yang menggelar latber pada hari Rabu, sehingga dikenal sebagai even Raboan. New Pos Jakal menggelar latber dua kali seminggu, yaitu Rabu dan Minggu.
Di beberapa daerah, ada even latber yang menggunakan hari pasaran. Misalnya Minggu Wage Pageraji (Purwokerto), Minggu Kliwon (Cilacap), dan sebagainya. Saya tidak tahu apakah di luar Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur juga ada hari pasaran. Kalau ada, ini bisa dijadikan agenda rutin untuk menggelar latber.

Waktu Pelaksanaan Latber

Latber umumnya digelar sore hari, mulai pukul 14.00. Diperlukan kedisiplinan baik dari panitia dan para peserta, karena jika jadwal molor dan peserta membeludak, latber sulit terselesaikan sebelum maghrib. Bisa juga digelar pagi, mulai pukul 10.00, tetapi itu hanya bisa digelar pada Sabtu dan Minggu saja. Jika pada hari di luar Sabtu-Minggu, dikhawatirkan jumlah peserta sedikit karena banyak kicauamania yang harus bekerja saat itu.

Waktu Penjurian

Waktu penjurian tergantung dari waktu pelaksanaan latber. Sesi yang full peserta membutuhkan waktu sedikitnya 20 menit. Jika tidak terlalu penuh, kemungkinan waktunya bisa disingkat menjadi 15 menit.
Apabila setiap latber terdiri atas 16 sesi, dan setiap sesi membutuhkan waktu minimal 15 menit, maka latber baru akan selesai paling cepat 240 menit (16 x 15 menit) alias empat jam! Kalau latber dimulai tepat waktu, misalnya pukul 14.00, berarti bisa selesai pukul 18.00. Jika ada beberapa sesi yang sepi peserta, mungkin waktu selesai bisa dipersingkat.
Demikian sedikit info yang bisa dibagikan. Kalau ada yang dirasa kurang, silakan tulis di boks komentar agar saya bisa mengupdate panduan ini. Begitu pula jika ada koreksi, mohon bisa diinformasikan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Sumber: omkicau.com

PRODUK BURUNGGACOR.COM

ARTIKEL TERBARU

Posting Komentar