Cari di Sini

Jumat, 24 Mei 2013

Jangan Kalah dengan Pak Azri


Ternak Blackthroat dapat menjadi tambahan pemasukan keuangan keluarga. Seperti yang dilakoni pak Azri, seorang seorang penjahit pakaian di bilangan Cipulir Jakarta Selatan. Walau dengan lahan seadanya, pak Azri berhasil menangkarkan Blackthroat di rumahnya yang terbilang sederhana.


Dengan 2 ekor pejantan dan 4 ekor betina serta 1 betina Sanger, pak Azri cukup kerepotan  melayani permintaan pelanggan. “Berternak Blackthroat itu susah tapi kalau sudah tahu caranya ya mudah,” begitu katanya. “Banyak orang gagal menangkarkan Blackthroat karena tidak tahu caranya dan gampang menyerah, padahal yg sudah biasa ternak saja sering pusing dengan masalahnya.”

Masalah yang menjadi kendala utama dalam beternak Blackthroat adalah adaptasi lingkungan, lalu penjodohan, perkawinan, telur dan pengeraman, perawatan anakan, birahi, fertilitas, produktivitas, dan sebagainya. Jika semua itu sudah dipahami, rasanya seperti naik sepeda tanpa harus berpikir tentang cara menjaga keseimbangan badan.

Menurutnya, Blackthroat merupakan burung yang mudah sekali terpengaruh dengan perubahan lingkungan. Namun dengan kegigihan dan semangat berusaha, nyatanya dengan keterbatasan lahan yang dimiliki dan dilakukan di dalam rumah pun ternyata bisa menjalankan usahanya beternak Blackthroat.

Berikut adalah beberapa tips dari Pak Azri dalam beternak Blackthroat :
  1. Pilih jantan & betina yg jinak dan tidak takut orang
  2. Tempatkan/gantang disatu tempat “permanen” sehingga dia merasa nyaman dan tenang ditempat itu.
  3. Rawatlah burung dari usia muda sehingga lebih cepat proses adaptasinya dengan lingkungan rumah.
Demikianlah cara singkatnya. Semua akan Anda dapatkan dari pengalaman Anda sendiri mencobanya. Tanpa mencoba, apa yang Anda baca di sini hanya menjadi "pengetahuan" tanpa "tindakan". Mencobalah, jika belum bisa, mencoba lagi, mencoba lagi, hingga bisa. Dan saya yakin Anda pasti bisa!

PRODUK BURUNGGACOR.COM

ARTIKEL TERBARU
Posting Komentar