Cari di Sini

Jumat, 24 Mei 2013

Lima Langkah Mudah Beternak Burung Cililin


Selama ini memang belum banyak penangkar burung Cililin di Indonesia. Jadi, inilah kesempatan bagi Anda untuk menjadi penangkar, sekaligus bisa mengurangi penangkapan Cililin dari alam bebas.


Berikut ini juga langkah yang dapat memperkaya proses penangkaran Cililin yaitu:

LANGKAH 1. Menyiapkan dan memilih indukan.
Induk Jantan dan Betina disiapkan yang sudah siap kawin artinya Gacor dan bias adaptasi dengan manusia.

LANGKAH 2. Penjodohan indukan.
Penjodohan dilakukan dengan cara menempatkan sangkar secara berdekatan dalam waktu yang cukup lama sampai dengan tanda jodoh ada. Langkah ini bisa diselingi cara pemisahan sangkar dengan tujuan menyakinkan tanda jodoh yang biasanya kedua indukan akan saling memanggil atau bunyi bersautan namun cukup beberapa jam dalam sehari.


Setelah proses perjodohan, burung bisa dimasukan ke kandang penangkaran untuk dikembangbiakan. Selama masa reproduksi, burung harus selalu diberikan makanan berprotein tinggi, serta multivitamin dan multimineral khusus untuk penangkaran.

LANGKAH 3. Menyiapkan kandang tangkar dan tempat sarang buatan.
Kandang dan kelengkapan bahan kandang bisa menggunakan ukuran kandang tangkar Cucakrawa (2m x 2m x 2m). Adapun kelengkapan bahan sarang bisa melihat dari bahan sarang burung Pentet/Cendet.

LANGKAH 4. Melepaskan indukan.
Waktu yang tepat untuk langkah ini adalah pada sore hari menjelang gelap karena diharapkan indukan ini akan segera mencari tempat untuk tidur. Khusus bagi penangkar yang mempunyai pekerjaan tetap sebaiknya dilakukan pada hari libur sehingga mempermudah pelaksanaan langkah berikutnya.

LANGKAH 5. Monitoring dan Kontroling.
Langkah ini digunakan Penangkar untuk memantau dan memeriksa hasil penjodohan yang telah dilakukan sehingga resiko kerugian akan dapat dicegah/ditekan.

Setelah mulai menata sarang, burung pun siap bertelur. Burung cililin hanya bertelur sebanyak 1-2 butir, dengan jumlah anakan menetas rata rata seekor dalam setiap musim berkembang biak.

PRODUK BURUNGGACOR.COM

ARTIKEL TERBARU
Posting Komentar