Cari di Sini

Senin, 27 Mei 2013

Pentingnya Mainan untuk Burung Paruh Bengkok Anda


Burung paruh bengkok seperti parkit, bayan, kakaktua, betet adalah makhluk kecil aktif yang membutuhkan banyak hal untuk bereksplorasi dan bermain. Di alam liar mereka menghabiskan waktu tidak hanya dengan tidur, tapi mencari makanan, terbang ke sana kemari, dan bercanda dengan kawanan burung serupa. 


Tugas Anda sebagai pemelihara burung adalah melihat ada banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan di kandang burung parkit, lovebird, atau burung paruh bengkok Anda. Kami merekomendasikan Anda memiliki sedikitnya dua mainan di kandang burung yang dapat digunakan bergantian setiap saat. Penting sekali mengganti mainan baru setiap minggu agar burung tidak bosan.

Jenis Mainan Burung Paruh Bengkok

Ada tiga jenis mainan burung paruh bengkok dan masing-masing memiliki tujuan dan fungsi berbeda. Pastikan bahwa burung peliharaan Anda rutin bermain mainan tersebut. Ketiga jenis mainan itu ialah: mainan ketangkasan, mainan mencari makan, dan mainan mencabik.

Mainan Ketangkasan

Mainan ketangkasan pada awalnya merupakan benda aneh bagi parkit atau lovebird Anda. Pasalnya, bentuk mainan ini memang dimodivikasi manusia agar burung dapat mendaki, berayun, atau beterbangan ke sana kemarin. Mainan ini dapat berbentuk tangga, tenggeran ayunan, tali goyang, tali menjuntai, dan lingkaran. 

Peringatan: Anda harus yakin bahwa tali tidak dimakan oleh burung Anda. Burung Anda tidak bisa memperkirakan apakah kakinya dapat terjebak dalam tali itu. Pastikan mainan yang melibatkan tali tidak membuat burung Anda terjebak. Jangan menempatkan benang apapun dalam kandang Anda yang panjangnya lebih dari 6 inci atau burung Anda bisa terjerat. Kami merekomendasikan menggunakan tali kulit dan bukan benang yang kecil. Tali yang terbuat dari kulit tebal sulit menjerat burung.

Mainan untuk Mencari Makan 

Mencari ini memicu aktivitas burung mencari makanan yang Anda sembunyikan. Mainan mencari makan adalah setiap mainan di mana Anda dapat menyembunyikan makanan burung sehingga burung akan mencari makanan itu. Beberapa orang berpikir itu berarti menyembunyikan makanan dari hewan peliharaan tapi mainan ini sebenarnya melatih kecerdasan burung Anda mencari makan. 

Seperti di alam liar, burung juga mencari makanan dengan cara tersebut. Jadi Anda tidak hanya meletakkan makanan dalam wadah makan seperti yang selama ini Anda lakukan. Meski demikian, Anda tetap harus memberikan burung Anda makanan dalam mangkuk makannya juga. Mainan mencari makan merangsang tubuh dan pikiran burung paruh bengkok untuk mencari cara cerdas mendapatkan makanan tersembunyi. Sangat menyenangkan melihat parkit atau lovebird Anda bermain mencari makanannya.

Ide: 

Anda dapat membeli mainan mencari makan atau membuatnya sendiri. Berikut ini contoh-contoh yang bisa Anda buat sendiri di rumah:
  1. Anda dapat mengisi kantong kertas kecil dengan handuk kertas kusut dan biji-bijian makanan burung.
  2. Anda dapat menempatkan makanan di dalam gulungan kertas toilet kemudian gumpalan kertas bersih diberi wewangian agar burung Anda tertarik dan mencari makanan tersebut.
  3. Anda dapat menempatkan sebuah mangkuk atau piring penuh pasir dicampur dengan biji ke kandang burung Anda. Burung Anda akan memilih makanan di antara pasir selama berjam-jam untuk mencari makanan, seperti burung liar yang mencari makanan yang jatuh di tanah. Pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah tenggeran burung Anda agar kotoran burung tidak tercampur di pasir tempat burung mencari makan.
  4. Gunakan tali kulit untuk mengikat millet atau buah ke bagian atas kandang sehingga menggantung dan bergoyang. Ini bertujuan memberikan tantangan pada burung Anda  mendapatkan makanan. Anda akan melihat gaya unik burung-burung Anda saat mereka melakukan gaya badan terbalik sambil makan.
Mainan untuk Digigit
Semua parkit, lovebird, dan burung paruh bengkok senang merobek atau merusak mainan sehingga setiap mainan sudah pasti terus menerus rusak! Paruh burung parkit, lovebird, betet, atau bayan, tumbuh terus-menerus. Burung paruh bengkok perlu mengunyah sesuatu untuk menjaga paruh mereka tajam dan runcing. Maka, belilah mainan yang dibuat dengan anyaman atau bagian kayu lunak sehingga burung Anda dapat bermain dengan menggigit-gigit. Beberapa barang yang dapat Anda berikan ialah:
  1.     Stik es krim
  2.     Tali kapas
  3.     Tali kulit
  4.     Anyaman bola (wewangian)
  5.     Karton semua jenis
  6.     Kertas
  7.     Buku telepon tua
  8.     Sedotan plastik
Beberapa burung mungkin awalnya takut mendekati mainan baru tersebut. Namun bersabarlah. Seiring waktu mereka akan bermain dan mulai mengeksplorasi mainan baru tersebut. Setelah burung Anda tahu bahwa mainan itu menyenangkan, burung Anda akan senang mendapatkan mainan baru setiap minggu dan Anda akan ketagihan menonton burung Anda saat sedang bermain. Selamat mencoba!

PRODUK BURUNGGACOR.COM

ARTIKEL TERBARU
Posting Komentar