Cari di Sini

Selasa, 21 Mei 2013

Seluk Beluk Memelihara Pleci


Di habitatnya, burung pleci termasuk burung koloni. Pleci juga mempunyai sifat fighter atau petarung yang akan mempertahankan daerah kekuasaannya. Sebenaraya burung pleci sudah lama banyak yang memelihara, tetapi kalau kita bandingkan dengan saat ini maka pleci sekarang semakin menjadi incaran kicaumania. Semua itu imbas dari makin ramainya kontes burung kicau dimana pleci masuk kelas tersendiri.
Tips memilih burung pleci, harus anda miliki bila ingin memelihara atau mencari bahan burung pleci. Tanpa mengetahui tips memilih burung pleci, anda akan banyak mengalami kendala, juga salah pilih nantinya. Dengan tips memilih burung pleci anda bisa mendapatkan burung yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan terutama untuk masuk kelas lomba.
Kunci utama dalam memilih burung pleci ialah Anda harus bisa membedakan jenis kelamin jantan betina. Jangan sampai salah memilih burung yang betina karena walau bisa berkicau tetapi variasinya kurang bila dibandingkan jantan. Itu sudah bukan rahasia umum lagi.
Tips memilih burung pleci
Burung pleci ada dua karakter, yang masing-masing karakter miliki sisi baik dan sisi buruknya. Pertama burung pleci dengan karakter teler saat berkicau. Cara membawakan lagunya sambil bergoyang seperti burung anis merah, akan tetapi volume akan berkurang. Kalau di perhatikan bisa menyenangkan. 
Sedangkan burung pleci dengan karakter tidak teler, cara berkicaunya seperti umumnya burung yang lagi berkicau tetapi volume tetap tidak berkurang, sekarang tinggal Anda memilih yang mana. Sebagai acuan, untuk penilaian di dalam lomba burung kicau saat ini masih berpedoman terhadap ketebalan volume dan juga viariasi lagunya, entah besok.
Untuk mendapatkan burung pleci yang mendekati semua persyaratan tersebut, tips ini bisa Anda jadikan pedoman, baik burung pleci yang dijual secara omboykan maupun mendapatkan di rumah kicaumania:
1. Pilih burung yang sudah pasti jantan dengan kondisi sehat tanpa adanya cacat, yang di tandai dengan tampilan yang lincah.
2. Kacamata yang tebal dan lingkar tidak putus.
3. Warna bulu kuning cerah yang warnanya kontras tajam, jantan. Betina warna kuning agak buram tidak bisa kontras
4. Postur tubuh pilih yang atletis. Kayak atlit aja ya? Panjang jantan sedang pendek yang betina.
5. Pleci yang tongkrongannya tenang biasanya mentalnya bagus.
6. Untuk mendapatkan suara yang bervolume tebal pada umumnya burung yang miliki paruh tebal dan panjang begitu sebaliknya.
Pada dasarnya disamping memiliki tips memilih burung pleci alangkah baiknya bila di dukung dengan SEXER alat penentu jenis kelamin pada hewan.
Apalagi anda dengan sendirinya sudah tahu kalau burng pleci itu sudah bunyi melagu  jangan dengar katanya sudah bunyi ternyata cuma bunyi cit …cit…cit doang, itu mah gak bunyi dari dasarnya!
PELUANG USAHA BURUNG PLECI
Dalam memelihara burung alagkah baiknya memilih jenis burung yang ada dalam kelas kontes atau dalam lomba burung, karena bila kedapatan burung yang Anda peliharan itu bisa tampil baik walau tidak Anda lombakan nilai jualnya bisa mahal apalagi kalau bisa sampai ikut lomba dan bisa juara!
Harga pleci masih tergolong murah, bahannya masih banyak dan mudah didapat apalagi saat ini kans burung pleci lagi naik daun, menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi yang sudah hafal dan bisa memilih burung pleci yang baik. Dengan harga bahan yang murah untuk mendapat peluang keuntungan sangat besar.
Coba Anda hitung keuntungan dalam penjualan burung pleci bagi mereka yang memilik tips memilih burung pleci yang baik, dengan harga bahan Rp 25rb bisa bunyi nilainya sudah Rp 150rb apalagi yang siap kontes, wou…
Saat ini bila Anda mempunyai burung pleci kontes atau lomba merupakan suatu keuntungan karena belum banyak pengemar yang sudah punya goco lomba
Sedang menu pakan untuk 1 burung pleci 1 pisang bisa untuk 2-3 hari, termnasuk hemat bukan?
Untuk pemasaranya jangan ditanya lagi, masih mudah sekali.
KELEMAHAN
Walau bahan burung pleci masih banyak dan harga yang tidak mahal akan tetapi banyak kendala untuk mendapatkan burung pleci yang sesuai dengan angan-angan kita, baik itu dalam menentukan jenis kelamin burung yang sudah benar-benar bunyi dan dapat tampil di kelas lomba. Apalagi jika Anda tidak memiliki tips memilih burung pleci yang bagus. 
Dengan makin banyaknya peminat terhadap burung pleci banyak pula yang menghalalkan segala cara. Misalnya burung yang berbunyi cit cit cit dibilang sudah bunyi. Tapi ya betul ya sudah bunyi walau cit cit cit? hehe. 
Meskipun sudah lama dipelihara, banyak juga pleci yang belum bunyi. Tentu saja, karena untuk cepat bunyi membutuhkan waktu tertentu. Kebanyakan burung pleci didapat dari alam dalam kondisi sudah dewasa  jadi membutuhkan adaptasi terlebih dahulu dengan sangkar dan lingkungan sekitar. Lain lagi kalau mendapatkan pleci dari penangkaran atau sejak masih piyik.
PERAWATAN BURUNG PLECI
Burung pleci dalam perawatan harian hampir sama dengan merawat anis merah. Bagi kicaumania yang sudah merawat Anis merah akan lebih mudah memelihara pleci. Penjemuran dilakukan pada jam 7 pagi sampai jam 9.30, baru diangin- anginkan sambil di kasih menu kroto ¼ sendok teh sebagai menu tambahan.
Menu utama bila baru didapat dari tangkapan alam adalah ulat kandang, pisang, baru diajari makan pur dicampur dengan ulat kandang agar nantinya mau makan pur, disaat akan di konteskan burung pleci juga sama dengan anis merah, minta dices terlebih dahulu.

PRODUK BURUNGGACOR.COM

ARTIKEL TERBARU
Posting Komentar