Cari di Sini

Rabu, 19 Juni 2013

Terobosan Baru: Poligami Murai 1 Jantan 4 Betina dalam Satu Sangkar


Keterbatasan lahan membuat sejumlah penangkar Murai Batu melakukan berbagai terobosan. Beberapa penangkar telah berhasil membuat penangkaran di lahan terbatas dengan cara Sangkar Gantung. Kemudian, ada juga yang menerapkan sistem poligami di mana satu Murai jantan dikawinkan dengan beberapa betina.
Namun cara yang dilakukan Viva Bird Farm benar-benar unik. Viva BF memang sama-sama melakukan poligami untuk penangkaran murainya, namun caranya berbeda dengan metode poligami murai yang selama ini diterapkan penangkar lainnya. 

Jika penangkar lain, poligami murai dilakukan dengan menempatkan beberapa betina di sangkar terpisah, kemudian murai jantan harus pindah dari sangkar betina satu ke sangkar betina lainnya melalui jendela kecil yang menghubungkan masing-masing sangkar.

Adapun di Viva BF, sang penangkar melakukan kreasi dengan menyatukan keempat betina dalam satu sangkar. Kemudian di dalam sangkar itu diberi beberapa tempat bertelur yang dapat dipilih masing-masing betina tersebut. Cara ini memang masih dalam tahap percobaan, tapi apa bila berhasil, tampaknya akan diikuti penangkar-penangkar murai lainnya di Indonesia. Itu artinya, Viva BF membuat terobosan baru untuk sistem penangkaran Murai saat ini.

  
Begini Caranya

Pertama-tama, penghuni sangkar itu ialah sepasang Murai yang telah jodoh. Kemudian, satu betina baru dikenalkan selama sehari dengan mendekatkan sangkar gantung betina baru dengan sangkar sepasang murai tersebut.


Setelah dikenalkan sehari, betina baru itu digabungkan dengan pasangan murai tersebut. Awalnya memang betina baru itu dikejar-kejar oleh murai jantan dan betina yang lebih dulu di sangkar penangkaran. Karena itu, penangkar harus siap dengan semprotan air selama sehari penuh. Murai yang mengejar betina baru itu langsung disemprot air sehingga tidak jadi mengejar-ngejar betina baru itu.


Pada hari kedua, betina baru itu sudah mulai mengenal kondisi sangkar dan masih beberapa kali dikejar pasangan murai lama. Di hari ketiga, betina baru itu sudah tidak lagi dikejar-kejar pasangan murai lama. Malah pejantan lama mulai "melirik" betina baru tersebut.


Perlu waktu satu bulan agar betina kedua bisa menyesuaikan diri dan menjadi pasangan poligami murai jantan tersebut. Setelah sebulan berikutnya, diperkenalkan lagi betina ketiga. Sebulan kemudian, dikenalkan betina keempat dengan cara yang sama. 

Keuntungan Poligami Satu Sangkar

  1. Menghemat ruang
  2. Mempermudah pemberian pakan dan kontrol indukan serta anakan
  3. Mempercepat waktu penangkaran sehingga satu jantan dalam satu waktu bisa mengawini empat betina. Syukur-syukur keempat betina sama-sama bertelur. 
  4. Lebih mudah, tidak harus memindah-mindahkan pejantan ke sangkar betina lainnya karena semua sudah jadi satu. 
PERHATIAN
Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika menerapkan metode baru ini:
  1. Awasi jika ada indukan betina yang berebut tempat bersangkar. Atasi dengan membuat tempat sangkar lebih dari empat. Semakin banyak semakin bagus karena para betina bisa memiliki pilihan. 
  2. Buat kondisi sangkar senyaman mungkin. Sangkar juga jangan terlalu kecil. Buatlah minimal 2x2x2 meter sehingga masih ada ruang nyaman untuk lima burung dalam satu sangkar.
  3. Sediakan pakan yang melimpah jadi semua burung tidak berebut. Tempatkan pakan di beberapa tempat dan wadah pakan.  
ALAMAT PEMASARAN VIVA BIRD FARM
Jln. Nanas Raya No. 11. Utan Kayu Utara. Jakarta Timur
HP 081288851177

Website: www.vivabirdfarm.com
              www.muraibatu.biz
Twitter: @muraibatubiz


ALAMAT PENANGKARAN
Brambang Rt 5 Rw 3 No. 56
Kec. Karangawen. Kab Demak. 59566
Jawa Tengah

ARTIKEL TERBARU:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

...