Cari di Sini

Selasa, 23 Juli 2013

Bulu Murai Saya Rontok Sudah Sebulan




Salam Mas
Saya masih pemula piara Murai. Begini, kenapa bulu burung Murai saya rontok. Sudah satu bulan ini masih juga rontok. Kira-kira kenapa ya mas?

Rozak, Semarang

Salam kenal mas Rozak,
Bulu burung Murai yang rontok itu alami. Jadi jangan khawatir. Bulu yang rontok itu disebut mabung atau molting. Biasanya Murai mengalami satu kali mabung dalam setahun. Setiap kali mabung, Murai membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sejak awal hingga akhir mabung secara tuntas. Jadi tidak usah bingung lagi. 

Nah, sekarang, saat mabung, kerodong burung Anda dalam sangkar hariannya. Letakkan di tempat yang tenang. Lakukan pemasteran saat burung mabung, karena ini merupakan waktu yang sangat efektif. Tetap berikan makanan bergizi, dan EF secukupnya agar nutrisi terpenuhi. Soalnya saat burung mabung, Murai membutuhkan banyak kalsium dan vitamin-mineral untuk menumbuhkan bulu baru. 

Berikan makanan secukupnya, termasuk vitamin dan mineral. Sabarlah menunggu proses itu. Biasanya para peternak akan mengistirahatkan burungnya dari kandang ternak saat mabung. Begitu pula dengan para pelomba, akan menonaktifkan burungnya selama mabung. 

Setelah masa mabung selesai, maka Anda dapat melihat performanya mengalami peningkatan. Tentu saja jika perlakuan saat mabung tepat. Demikian jawaban singkat saya, semoga bermanfaat. Salam Murai!

Jangan lupa berikan SmartBird untuk membantu proses mabung burung kicau Anda. SmartBird merupakan nutrisi untuk mempercepat proses mabung. 

Stok murai tidak selalu ada. Karena itu cek selalu setiap bulan di website kami yakni www.burunggacor.com www.muraibatu.biz dan www.vivabirdfarm.com.
Silahkan hubungi 081288851177


PRODUK BURUNGGACOR.COM

Posting Komentar