Cari di Sini

Sabtu, 13 Juli 2013

Serius Mau Ternak Murai Batu?


Beternak burung Murai Batu (MB) memang menyenangkan. Selain sebagai penyaluran hobi, ternak juga dapat menjadi tambahan penghasilan atau pun penghasilan utama Anda. Namun ternak MB itu gampang-gampang susah. Makanya, sebelum Anda terjun sebagai peternak, saya mau mengajukan pertanyaan ini: Serius nih, Anda mau ternak Murai Batu?


Mengapa saya bertanya seperti itu? karena sebelum Anda memulai ternak MB, Anda harus mengetahui ilmunya terlebih dulu. Jangan buru-buru beternak hanya dengan modal semangat saja, tanpa ilmu yang memadai tentang ternak MB.

Lantas bagaimana caranya agar dapat ilmu tentang ternak? Ada banyak cara, mulai dari membaca buku tentang ternak MB, sharing dengan peternak yang sudah berpengalaman, ikut pelatihan ternak, dan membaca berbagai informasi tentang ternak di internet. Salah satunya, seringlah mampir ke website ini karena dapat terus mendapatkan informasi tentang beternak MB.

Tanpa memiliki ilmu yang cukup, kita akan semakin sulit mengatasi berbagai kendala yang muncul dalam beternak MB. Hasilnya, ketika anda tidak dapat mengatasi berbagai kendala, Anda akan putus asa dan impian beternk MB kandas sebelum membuahkan hasil.

Beternak MB memang tidak semalam jadi. Anda harus sabar dan memiliki stok ketekunan yang melimpah. Tanpa itu, mungkin sebaiknya Anda tidak beternak MB karena hanya akan membuang uang, waktu dan tenaga. Namun jika Anda sabar dan tekun, insyaallah kesuksesan menanti Anda sepanjang perjalanan.

Mengapa diperlukan kesabaran dan ketekunan? karena memang Anda dituntut meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk itu. Bayangkan saja Anda harus memberi makan dan minum tiap hari, mengontrol apakah makanannya selalu segar, mengamati indukannya sehat apa terserang penyakit, membersihkan kandang, memantau indukan yang sedang bertelor, mengobati jika burung sakit, meloloh anakan setiap satu jam pada masa-masa awal, dan sebagainya. Namun jika dasarnya memang Anda hobi memelihara burung, maka Anda akan menikmati berbagai kendala yang menghadang.

Akhirnya, renungkanlah kembali niat Anda untuk beternak MB. Jika memang sudah bulat, laksanakan dan nikmati berbagai pengalaman yang akan menghampiri Anda. Selamat mencoba!

PRODUK BURUNGGACOR.COM


ARTIKEL TERBARU

Posting Komentar