Cari di Sini

Senin, 27 Januari 2014

Banyak Kicaumania Belum Tahu Manfaat Ulat Jerman





Selama ini banyak kicaumania yang belum mengetahui manfaat ulat Jerman (UJ) atau superworm (Zophobas morio). Bahkan mendengar namanya pun baru kali ini. Kicaumania lebih familiar dengan ulat hongkong (UH) dibandingkan UJ. Padahal jika dilihat dari manfaatnya, UJ lebih unggul dibandingkan UH. 



Bagi yang beberapa kali lihat pedagang ulat di pasar burung, tentu heran saat melihat ulat yang ukurannya besar-besar. Itulah UJ. Karena UJ kurang populer, maka banyak kicaumania yang belum tertarik memberikan UJ pada gacoannya. Padahal UJ selama ini sudah sangat tersohor untuk pakan tambahan bagi burung, reptil, dan hewan pemakan serangga lainnya. 


Beberapa manfaat UJ yang lebih unggul dibandingkan UH ialah:

  1. UJ memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi karena ukurannya juga lebih besar dibandingkan UH.
  2. UJ memberikan daya tahan lebih prima pada burung karena UJ memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lebih kuat dibandingkan UH.
  3. UJ tidak membuat burung menjadi panas atau over birahi, seperti jika kita memberikan UH terlalu banyak pada burung.
  4. UJ memiliki kandungan khitin (exoskeleton) yang lebih sedikit dibandingkan UH sehingga lebih aman bagi burung.

Secara lebih rinci, inilah kandungan gizi UJ.

    Protein : 19,06 %

    Lemak : 14,19 %

    Kalsium : 173 ppm

    Serat kasar: 2,60 %  


Nah, setelah Anda mengetahui manfaat UJ, jangan ragu-ragu lagi memberikan UJ untuk burung Anda. Tentu saja, kalau anda ingin memberikan UJ pada burung yang berukuran kecil seperti pleci, prenjak atau ciblek, Anda harus memotong-motong UJ terlebih dulu. Namun kalau untuk diberikan pada Muraibatu, Kacer, atau Pentet, Anda bisa memberikannya secara langsung tanpa harus dipotong-potong.


Untuk menyimpan UJ, Anda bisa menyimpannya dalam keadaan hidup, dengan diberi pakan sayuran dan vor. Selain itu, Anda bisa menyimpannya di kulkas, taruh di freezer dan ambil sesuai kebutuhan. Sebelum diberikan pada burung, UJ diangin-anginkan terlebih dulu agar suhunya tidak terlalu dingin untuk diberikan pada burung. Selamat mencoba. Semoga burung Anda tambah gacor. 
Posting Komentar