Cari di Sini

Kamis, 30 Januari 2014

Cara Membuat Ulat Hongkong Hidup Awet



Para penggemar burung kicau pemakan serangga sering kesulitan saat harus menyediakan stok ulat hongkong (UH) yang tetap hidup dan sehat. Memberikan UH dalam kondisi hidup dan sehat tentu lebih baik bagi burung dibandingkan memberikan UH dalam kondisi mati atau sudah mengeras.

Kebanyakan kicaumania mengalami kesulitan mempertahankan UH tetap hidup dalam jangka waktu sehat. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan kicaumania agar UH tetap hidup dalam waktu lama:

  1. Beri pakan UH setiap hari dengan sayuran segar. Sayuran segar menjadi nutrisi penting bagi UH dan burung yang memakan UH. Secara tidak langsung, burung murai, kacer, atau pentet yang kita berita UH yang telah memakan sayur, burung juga memakan sayur secara tidak langsung. Ini tentu akan semakin menyehatkan burung kita.
  2. Beberapa sayuran yang bisa diberikan pada UH antara lain, sawi hijau, sawi putih, kubis, irisan wortel, irisan pepaya yang agak mengkal tapi sudah mulai matang, dan sayuran jenis lainnya.
  3. Beri pakan UH dengan vor halus sebagai tambahan sayur. Vor halus ini pakai saja yang tidak bermerek agar murah. Vor halus bisa dibeli kiloan di kios burung. Vor halus ini biasanya terbuat dari tepung jagung dicampur bahan baku lain. Jagung yang dimakan UH tentu akan sangat bagus, apalagi UH itu nanti dimakan oleh burung kicau Anda.
  4. Ayak kotoran UH dengan saringan baja. UH yang makan tentu mengeluarkan kotoran. Nah, kotoran ini jelas bercampur di tempat UH tersebut. Bersihkan kotoran UH sekitar 2-3 hari sekali. Gunakan ayakan yang terbuat dari baja tahan karat, sehingga semua kotoran hilang. Saya biasa menyaring kotoran UH di atas pot tanaman sehingga kotoran itu menjadi pupuk tanaman di pot.
  5. Setelah selesai diayak dari kotoran, berikan lagi makanan UH.

Itulah sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat UH anda tetap hidup sehat walafiat. UH yang sehat tentu akan membuat burung yang memakannya ikut sehat. Tips untuk UH ini juga bisa anda terapkan untuk membuat Ulat Jerman (UJ) tetap sehat dan hidup sebagai makanan tambahan bagi burung Anda. Selamat mencoba, semoga burung Anda semakin gacor karena mendapat makanan sehat bergizi.

Posting Komentar