Cari di Sini

Rabu, 29 Januari 2014

Pohon Ideal untuk Kandang Penangkaran Murai




Para peternak memiliki pilihan yang beragam untuk pohon yang akan mereka letakkan di kandang penangkaran. Pohon ini fungsinya untuk membuat suasana kandang seperti ada di alam liar. Selain itu, pohon juga memberikan suasana sejuk dan asupan oksigen bagi burung pada siang hari. Pohon juga membuat burung merasa nyaman saat ingin bermain atau bersembunyi. 


Di alam liar, murai sangat suka terbang di antara rerimbunan pohon. Di habitatnya di hutan, murai terbang melintasi daerah yang luas dan ditanami berbagai jenis pohon. Karena itu, sebenarnya tidak ada patokan pasti pohon apa yang paling bagus untuk kandang murai. Meski demikian, ada sejumlah jenis pohon yang relatif umum digunakan para penangkar di kandang ternak mereka. 


Inilah sejumlah pohon yang bisa jadi pilihan penangkar:

  1. Pohon bambu. Pohon bambu merupakan salah satu pilihan para peternak karena dari beberapa foto murai di alam liar, mereka terlihat senang berkicau di batang-batang bambu. Tentu hal ini yang menjadi alasan para peternak memilih bambu untuk diletakkan di kandang ternak. Selain itu, bambu juga memiliki energi (chi) dingin sehingga mampu membuat suasana kandang menjadi adem.
  2. Pohon beringin. Pohon beringin dipilih karena berdaun kecil dan berbatang kuat. Meskipun ukuran pohonnya relatif kecil untuk ditempatkan di kandang, namun struktur rantingnya yang kuat dapat menjadi tangkringan bagi burung. Beringin juga menciptakan suasana dingin atau adem di kandang sehingga sang burung merasa nyaman.
  3. Pohon asam. Pohon asam memiliki karakter ranting yang bagus untuk tangkringan burung. Karena itu pula, banyak penjual tangkringan yang terbuat dari ranting pohon asam. Karakter ranting pohon asam yang bergerigi juga membuat burung tidak mudah terpeleset. Pohon asam yang berdaun kecil juga menciptakan suasana adem di kandang.
  4. Pohon sirih. Pohon sirih yang merambat dapat dijadikan alternatif pohon di kandang. Sirih yang sifatnya menetralisir kuman penyakit juga dapat menjadi salah satu upaya membuat kondisi kandang lebih sehat. Kuman penyakit yang tidak terlalu menyukai zat yang terkandung dalam pohon sirih dapat berkurang di kandang. Pohon sirih yang merambat juga dapat menutupi dinding kandang yang biasanya terlalu keras karena terbuat dari semen dan batu bata.
  5. Pohon merambat lainnya. Selain pohon sirih, ada banyak pohon merambat lain yang bisa dijadikan alternatif di kandang penangkaran.
  6. Jenis rumput. Rerumputan juga bisa ditanam di kandang. Rerumputan membuat suasana bagian bawah kandang tidak terlalu keras bagi burung. Burung juga bisa mengais-ais rerumputan dan tanah yang bisa kita beri cacing tanah. Murai sangat suka makan cacing tanah dan cacing sangat bagus bagi burung murai.  

Pohon-pohon ini dapat dikombinasikan atau hanya satu jenis saja. Semua itu terserah Anda. Tentu saja pohon jangan terlalu lebat agar burung masih leluasa terbang. Semoga dengan pohon-pohon itu kandang penangkaran anda semakin produktif.


Posting Komentar