Cari di Sini

Rabu, 12 Februari 2014

Agar Anda Tak Tertipu Saat Membeli Burung




Seorang teman baru-baru ini bertanya tentang ciri-ciri penipu online yang pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya di BurungGacor.com. Silahkan dibaca artikel sebelumnya. 


Ternyata dia dan temannya hampir saja tertipu dengan ulah penipu online tersebut. Modusnya ialah si penipu mengaku menjual burung murai dari medan. Penjual tersebut mengatakan berada di medan dan bisa mengirim murai tersebut ke Jakarta. Nah, untuk meyakinkan si pembeli, penipu itu mengirimkan scan KTP dan Kartu Identitas petugas kargo bandara. Kemudian si penipu meminta sang pembeli mengirim uang Rp5 juta untuk jaminan pengiriman burung melalui kargo pesawat. 

Untung bagi si pembeli, sebelum dia memenuhi permintaan si penipu untuk mentransfer uang, si pembeli bertanya pada saya, apa memang ada uang jaminan untuk pengiriman burung melalui kargo pesawat? Tentu saja saya jawab tidak ada dan saya katakan bahwa penjual burung itu merupakan penipu yang sudah berulang kali beraksi. 

Foto di atas merupakan KTP yang diperoleh teman saya yang hampir saja tertipu. Jika Anda perhatikan, foto di KTP dan Kartu Identitas itu sebenarnya bukan foto asli si pemilik KTP. Artinya, foto itu foto orang lain yang ditempelkan di KTP dan Kartu Identitas orang lain. Foto itu ditempelkan dengan software Photoshop sehingga tampak foto asli di KTP dan Kartu Identitas tersebut. 

Nah, jika Anda mengalami hal serupa, dengan berbagai modus, kemudian si penjual mengirim scan KTP dan Kartu Identitas, maka sudah dapat dipastikan bahwa orang itu penipu. Beberapa teman saya yang lain bahkan mendapat kiriman scan sertifikat penangkaran yang tentu saja sangat mudah dibuat menggunakan software MS Office, Coreldraw, atau Photoshop. 

Jadi biar Anda tidak jadi korban penipuan, pastikan sebelum membeli Anda memantau langsung burung yang hendak Anda beli. Kalau memang cocok, beli saja langsung. Kalau Anda membeli secara online hanya berdasarkan foto yang dikirimkan dari jarak jauh, khawatirnya Anda tertipu. Kecuali jika orang tersebut sudah Anda kenal dengan baik dan merupakan teman lama yang terbukti jujur. 

Semoga artikel ini dapat membuat Anda waspada. Meski demikian, jangan takut membeli pada penjual burung yang jujur dan memang benar-benar memiliki burung yang Anda inginkan.   
Posting Komentar