Cari di Sini

Minggu, 09 Februari 2014

Ajarkan Cara Beternak Burung Pada Anak Anda Sejak Kecil



Tugas pokok orangtua ialah menjadikan anaknya mandiri dan mampu mencari penghasilan sendiri. Selama ini banyak orangtua mengira bahwa sekolah mampu menjadikan anak-anaknya mandiri. Anggapan ini tidak salah, tapi juga tidak benar 100%. Buktinya? Banyak sarjana S1, S2, dan S3 kebingungan mencari kerja dan justru menjadi pengangguran dengan titel sarjana.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Ya karena sekolah memang tidak untuk mengajarkan anak untuk mandiri, tapi menjadikan anak kita pintar. Mandiri dan pintar tentu berbeda maknanya. Anda sebagai orangtua tentu sudah merasakan beda antara anak yang mandiri dan anak yang pintar. Hehe. 

Nah, sebagai orangtua yang memiliki hobi memelihara burung, sebenarnya ada cara kita mendidik anak kita menjadi mandiri dan mampu mencari penghasilan sendiri. Anda sudah punya modalnya, yakni hobi memelihara burung. Tinggal anda kembangkan sedikit saja. Berikut ini caranya:

  1. Libatkan anak Anda dalam memelihara burung. Tanamkan kegemaran memelihara burung pada anak kita. Libatkan dia dalam aktivitas hobi burung Anda, mulai dari perawatan sehari-hari, saat memberi pakan, membersihkan kandang, dan membeli bahan kebutuhan burung. Ajak anak Anda dalam aktivitas itu sehingga dia bisa melihat langsung bagaimana cara merawat burung dengan baik.
  2. Beri dia hadiah burung yang mudah dirawat dan beri tanggung jawab untuk merawatnya. Jika anak anda sudah sekolah dasar (SD), bisa diajari merawat burung dia sendiri. Beri hadiah burung parkit, kenari, atau burung pemakan biji lainnya yang mudah dirawat. Dengan demikian, anak anda akan mulai tumbuh rasa tanggung jawabnya dalam memelihara burung. Melatih rasa tanggung jawab ini penting karena dengan demikian, anak anda terlatih memegang amanah. Ini merupakan pelajaran penting dalam kehidupan dia yang menjadi modal utama nanti setelah dewasa.
  3. Ajari anak Anda beternak burung. Salah satu cara meraih penghasilan dan membangun bisnis burung ialah dengan beternak burung. Mulailah dengan burung yang mudah dipelihara seperti parkit, kenari. Sejak anak anda sekolah dasar, Anda bisa mengajarinya cara beternak kenari. Jika skill ini diajarkan pada anak anda sejak SD, maka setelah SMP dan SMA saya jamin, insyaallah dia bisa mencari penghasilan sendiri dengan beternak burung.
  4. Berikan uang hasil penjualan burung yang dia ternak sendiri pada anak Anda agar ditabung atau dibelikan indukan lagi. Hal ini melatih anak anda untuk belajar berinvestasi dan menabung aset bisnis.

Itulah empat cara mudah melatih anak anda agar belajar mandiri dan mampu memiliki penghasilan sendiri sejak dini. Ingat, sekolah tidak pernah mengajarkan cara berinvestasi, menabung aset bisnis, dan mengembangkan bisnis. Dengan mulai mengajarkan anak anda beternak burung, Anda telah mengajarkan skill untuk hidup, mandiri, bertanggung jawab, dan yang penting juga, mampu memiliki penghasilan sendiri. 

Jika Anda mengajarkan hal ini sejak SD, maka saat SMP, SMA, anak anda sudah memiliki penghasilan sendiri dan tabungan sendiri. Bukan tidak mungkin, saat kuliah, anak anda bisa membeli rumah atau mobil sendiri. Dengan mandiri, anak anda tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan. Bahkan dia bisa memberikan lapangan kerja bagi orang lain yang kurang beruntung. 

Dengan berhasil memberikan skill hidup mandiri itulah, anda juga berhasil sukses sebagai orangtua. Nama Anda pun akan dikenang sebagai orangtua yang pandai mengajari anak anda cara hidup mandiri. Selamat mencoba. 

Kunjungi BurungGacor.com setiap hari untuk mendapatkan ide-ide segar, menambah informasi, memperluas pengetahuan, membuat burung semakin gacor, memajukan bisnis hobi burung, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga Anda. Ingat ya, hanya di BurungGacor.com.
Posting Komentar