Cari di Sini

Selasa, 11 Februari 2014

Penyebab Murai Cabuti Bulu



Beberapa kicaumania mengadu pada saya karena burung murainya mencabuti bulunya. Perilaku ini juga bisa dialami burung-burung jenis lainnya. Jika hal ini dibiarkan, murai tersebut bisa mengalami kebotakan di bagian bawah tubuh hingga ekornya. Tentu kondisi ini membuat penampilan si murai menjadi kurang menawan. 


Nah, ini berbagai penyebab perilaku tersebut:

  1. Stres. Seperti manusia, burung juga bisa mengalami stres. Murai muda hutan yang baru saja ditangkap dari habitat aslinya, memiliki potensi mengalami stres yang lebih besar dibandingkan murai hasil ternak. Perubahan habitat yang bisa mengakibatkan stres itu bisa memicu perilaku mencabuti bulu.
  2. Kondisi kandang atau sangkar terlalu gelap dan lembab. Jika kandang atau sangkar tempat burung murai terlalu gelap dan lembab, burung bisa stres. Di habitat aslinya, burung murai biasa terbang di ranting-ranting pohon yang tersinari matahari dengan baik. Karena itu, ketika murai itu berada di lingkungan yang sumpek, gelap, dan lembab, murai bisa menunjukkan perilaku mencabuti bulu.
  3. Kondisi kandang dan sangkar terlalu panas. Kebalikan dari yang nomor dua, jika kandang terlalu panas, maka murai bisa terpicu untuk mencabuti bulu karena merasa kepanasan. Karena itu, kondisi kandang dan sangkar harus ideal. Caranya, jika kita merasa nyaman berada di tempat kandang itu, maka murai diperkirakan juga akan merasa nyaman.
  4. Kalah mental dengan suara burung lain di rumah Anda. Jika ada banyak burung gacor di rumah Anda, mungkin murai Anda bisa kalah mental. Reaksi kalah mental salah satunya dengan mencabuti bulu.
  5. Ada kutu burung yang mengganggu. Kutu yang menggigit dan menghisap darah burung tentu membuat burung merasa gatal-gatal. Reaksi menggaruknya ialah dengan mencabuti bulu-bulunya. Karena itu jaga kebersihan kandang agar kutu tidak merasa nyaman dan berkembang biak di tubuh burung atau di kandang.

 Setelah Anda tahu penyebabnya, tentu cara penanganannya dengan mengatasi penyebabnya:

  1. Letakkan kandang di tempat yang tenang terlebih dulu. Jangan paksakan untuk melatih burung berada di tempat ramai yang masih asing bagi dia.
  2. Letakkan kandang di tempat yang cukup mendapat sinar matahari, jangan di tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang, terlalu lembab atau terlalu kering.
  3. Jauhkan dari suara burung-burung lain yang gacor dan keras, agar mentalnya tidak terlalu jatuh.
  4. Semprot burung dan kandang dengan obat pembasmi kutu.
  5. Beri herbal burung SmartBird untuk membantu burung mengatasi stres dan memulihkan sel-sel bulu yang rusak akibat tindakan burung mencabuti bulu. Herbal SmartBird ini merupakan produk BurungGacor.com yang aman bagi burung.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kicaumania dan menjawab kebingungan kicaumania. Silahkan di share, di like, artikel ini. Semoga bisa membantu kicaumania yang lain.  
Posting Komentar