Cari di Sini

Kamis, 24 April 2014

Bird Watching di Sabah Malaysia


Bird watching mungkin istilah yang masih asing di telinga kicaumania di Indonesia. Padahal bird watching merupakan suatu kegiatan yang sudah umum dilakukan di luar negeri, terutama di negara-negara maju. 


Lalu, apakah bird watching itu? Bird watching merupakan aktivitas mengamati aktivitas burung di alam liar. Burung itu tidak ditangkap dan dipelihara dalam sangkar seperti yang dilakukan kicaumania di Indonesia. Namun burung itu dibiarkan terbang bebas dan manusia hanya mengamati aktivitas burung tersebut, termasuk pola migrasi burung. 

BurungGacor.com mencoba memperkenalkan aktivitas bird watching ini agar kicaumania juga mengetahui bahwa selain menikmati burung dalam sangkar, mereka juga dapat menikmati burung yang bebas di alam liar. Nah, kali ini kita akan menyaksikan aktivitas bird watching di Malaysia, tepatnya di wilayah Malaysia yang berada di pulau Kalimantan. 

Total ada 622 spesies burung yang menetap dan bermigrasi yang telah tercatat di Kalimantan, dengan 32 spesies endemik. Menariknya, 24 spesies endemik ini ditemukan di daerah lembah Sabah atau di hutan pegunungan. 

Secara lebih rinci, lokasi terbaik untuk burung di Sabah antara lain:  
1) Daerah Pegunungan Sabah: 
- Kinabalu Park 
- Crocker Range National Park

2) Hutan hujan Lowland Sabah 
- Daerah konservasi lembah Danum 
- Cagar Alam Tabin 
- Rainforest Discovery Centre 
- Poring Hot Springs

3)Daerah Rawa Sabah:
- Sungai Kinabatangan
- Gua Gomantong

4) Daerah pantai Sabah:
- Likas Lagoon

5) Persawahan Sabah:
- Kota Belud Bird Sanctuary

6) Kepulauan Sabah:
- Pulau Tiga
- Pulau Mantanani
- Semporna Islands (Mataking, Mabul, Sipadan)
- Pulau Layang-Layang
Posting Komentar