Cari di Sini

Selasa, 17 Juni 2014

11 Cara Memulai Bisnis Dunia Burung

Kandang Penangkaran Burung
Menjadi entrepreneur di dunia burung sebenarnya bukan hal yang sulit. Apalagi jika Anda memang hobi memelihara burung. Tentu setiap aktivitas bisnis di dunia burung tidak terasa seperti pekerjaan berat, tapi hanya seperti main-main saja. Bedanya, main-mainnya tentu membuat dompet kita semakin tebal. 


Nah, bagi Anda yang masih bingung memulai bisnis di dunia burung, ini ada beberapa ide:

  1. Jualan burung. Anda bisa memulai bisnis dengan menjual burung-burung yang memang Anda sukai. Anda bisa berspesialisasi untuk satu jenis burung atau Anda juga bisa menjual semua jenis burung. Semua tergantung Anda. 
  2. Jualan pakan burung. Saat ini ada beragam jenis pakan burung yang dijual di pasaran. Anda bisa membeli secara grosir kemudian menjualnya secara eceran. Semua penghobi burung tentu akan membutuhkan stok pakan setiap saat bagi burungnya.
  3. Jualan sangkar burung. Beragam model dan bahan sangkar bisa Anda jual sehingga pembeli memiliki banyak pilihan. Semakin banyak model sangkar dan variasi harga, pembeli akan semakin senang datang ke toko Anda. 
  4. Jualan beragam perlengkapan burung. Anda bisa jualan tempat pakan, minum, tangkringan, peluit, CD untuk master burung, ring kaki burung, dan beragam perlengkapan dan peralatan lain terkait hobi burung. 
  5. Jualan kerodong dan tas sangkar. Saat ini ada beberapa pebisnis yang mengkhususkan diri membuat kerodong dan tas sangkar. Anda bisa mengikuti jejak mereka dengan produk-produk yang lebih kreatif. 
  6. Beternak burung. Anda bisa belajar beternak kenari karena ini jenis burung yang paling mudah diternak. Setelah itu Anda bisa beralih beternak burung lain misalnya murai batu, kacer, cucak ijo atau lainnya. 
  7. Jual buku, tabloid, dan majalah burung. Berbagai jenis burung membutuhkan beragam cara penanganannya. Buku-buku banyak beredar di pasaran untuk para penghobi burung yang membutuhkan informasi tentang burungnya.
  8. Membuat website dunia burung. Anda bisa memulai dengan membuat blog dan website tentang beragam informasi tentang burung. Anda bisa menjual produk Anda melalui blog dan website. 
  9. Membuat pelatihan ternak burung. Saat ini masih jarang pusat pelatihan yang memberi pembekalan tentang tata cara ternak burung. Anda bisa membukanya sebagai salah satu pionir di bidang pelatihan dan pendidikan ini. 
  10. Membuka sekolah burung. Banyak kicaumania yang tidak sempat merawat dan melatih burungnya dengan suara-suara master yang beragam. Anda bisa membuka sekolah burung bagi mereka yang sibuk. Tentu Anda memungut biaya untuk pakan dan perawatan harian, ditambah dengan sesi pelatihan setiap hari dengan berbagai burung master. 
  11. Membuka latihan bersama (latber) atau even lomba burung. Saat ini banyak latber dan panitia lomba yang meraup untung dengan membuka latber dan lomba. Anda bisa mengikuti jejak mereka. 

Selain ini tentu ada masih banyak ide lain agar Anda eksis di dunia burung. Anda memiliki ide lain? Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Selamat mencoba. 
Posting Komentar